Menuju kemenangan di Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh kemenangan, penuh dengan keberkahan karena pada bulan ini amal-amal kita digandakan oleh Allah hingga ratusan kali lipat. Setiap perbuatan baik itu sedekah, infak, sholat shunnah menolong sesama dan sebayanya maka pada bulan ini Allah melipat gandakan pahala tersebut dan pahala lebih banyak dibanding pada bulan – bulan yang lain. Maka pada bulan inilah kita harus berlomba – lomba untuk memperbanyak melakukan ibadah. Membaca Alquran pada bulan ramadhan pahalanya jauh lebih besar dari bulan – bulan yang lain. 

Mendengarkan bacaan Alquran juga banyak pahalanya sama dengan yang membaca nya. Tetapi alangkah baiknya jika kita juga yang membaca. Apalagi jika kita membaca Al-qur’an maka hati kita akan lebih tenang dan tentram. Pada bulan Ramadhan yang suci ini, umat islam diwajibkan berpuasa satu bulan penuh mulai dari sebelum terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Berpuasa pada bulan Ramadhan memiliki suasana tersendiri dan tentunya tidak hanya mendapat pahala yang melimpah tetapi berpuasa pada bulan ramadhan memiliki makna dan hikmah tersendiri bagi yang melakukannya. Ketika berpuasa kita umat muslim tidak dianjurkan bermalas – malasan karena tidak hanya menyia – nyiakan waktu tetapi juga akan membuat kebiasaan. 

Kita lebih dianjurkan untuk memperbanyak melakukan ibadah. Momen – momen yang indah saat Ramadhan adalah saat berbuka puasa. Dimana kita melepas dahaga setelah berpuasa satu hari penuh sambil menahan lapar dan dahaga lalu pada waktu magrib kita berbuka kemudian memilikai kesan tersendiri apalagi ditambah dengan keluarga, atau saudara, teman maka tidak hanya merasakan kebersamaan tetapi mempererat ukhuah antara sesama muslim. 

 Di dalam bulan ini walaupun seperti yang kita ketahui bahwaaanya memiliki banyak keberkahan tetapi memiliki banyak juga godaan. Godaan tersebut bermacam - macam seperti halnya pada saat berpuasa di panasnya terik matahari kita merasakan hausnya dahaga yang teramat sangat. Dan pada saat itu kita ingin minum di tambah lagi terlihat oleh kita penjual minuman dingin. 

Nah pada saat inilah keimanan kita diuji. Semakin kuat kita menahan godaan kita insyaAlah semakin banyak mendapatkan pahala oleh Allah swt. Dengan meluruskan niat ikhlas karena Allah dalam melakukan ibadah hanya semata - mata karena Allah karena kita melakukan ibadah ini terutama ibadah puasa ini hanya karena ingin mendapatkan ridha Allah swt maka godaan apapun baik malas, lapar haus InsyaAllah kita bisa menghadapi godaan tersebut.

Jika kita bisa menghadapi cobaan tersebut maka yang tidak boleh di lewatkan adalah memperbanyak ibadah kita kepada Allah. Terutama memperbanyak membaca Al-qur'an, memperbanyak sedekah atau infak, memperbanyak mendirikan sholat shunnah maka kita InsyaAllah tidak termasuk orang-orang yang merugi.

0 Response to "Menuju kemenangan di Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Contact Form