Tips Bangkitkan semangat belajar




Hai teman-teman semua..! Pernahkah kalian merasa lelah, bosan ataupun jenuh yang membuat kawan-kawan semua tidak bersemangat..? Pernahkah kawan-kawan semua berfikir dan ada niat untuk bangkit semangat kembali? Jika tidak, kawan-kawana akan semua harus membutuhkan motivasi untuk membangkitkan semangat itu kembali. Semangat berasal baik itu dari luar maupun dari dalam diri kalian semua. 

Karena memang jika kita tidak semangat maka akan mempengaruhi dalam belajar kita. dan dampaknya adalah dari hasil nilai kita yang telah di terima baik itu hasil UTS/UAS bahkan IP. rugikan gara-gara tidak semangat teman-teman semua jadi mendapat nilai buruk. 

oleh karena itu saya akan berbagi bagaimana membuat kita semangat dan antusias dalam belajar walaupun banyak masalah yang datang pada dirikita. yuk langsung saja kita simak apa-apa yang bisa membuat semangat kita tumbuh kembali.- 

 1. Bersyukurlah bisa kuliah 

 Tahukah kawan-kawan semua bahwa diluar sana teman-teman kita yang sebaya dengan kita sudah bekerja keras untuk membiayai kuliahnya, bahkan mereka ada yang tidak bisa kuliah dan ada juga teman-teman kita yang sudah bekerja keras untuk menghidupi dirinya bahkan juga untuk keluarganya. untuk itu lebih baik kita mensyukuri apa yang telah kita dapatkan hari ini. kita bisa kuliah atau teman-teman yang kekurangan biaya bisa mencari beasiswa. Pokoknya jika kita sudah bisa kuliah itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa yang wajib kita syukuri. Yuk sama-sama kita mengucapkan Alhamdulillah.. 

 2.Ingat kepada orang tua 

 jika kita mengingat orang tua maka kita akan sadar bahwa disana mereka sedang berjuang demi membiayai kuliah kita. dan mengharapkan kita bisa menjadi orang yang lebih baik ekonominya dibanding mereka. maka kita pasti tidak ingin menghancurkan harapan-harapan mereka. Kita harus menjadi orang yang tangguh dan pantang menyerah dalam menghadapi rintangan. Karena kesuksesan yang ingin kita capai tidak akan melewati jalan yang datar-datar dan halus saja. Melainkan jalan yang penuh tanjakan curam dan terjal dan kita percaya bahwa kita bisa menaklukkannya. 

3.Kuatkan Iman 

 Sertakan Allah dalam setiap usaha kita dan mintalah padanya kemudahan serta petunjuk dalam mencapai cita-cita dengan bersungguh-sungguh serta terus menjalankan ibadah. 

 4.Lakukanlah hobimu 

Disaat kuliah kamu hobi olah-raga? atau lain-lain, menulis berorganisasi misalnya. Teruslah tekuni hobimu dan jadilah yang terbaik. Karena itu juga bisa membangkitkan semangat kamu dalam belajar. Tetapi tetap mengutamakan kuliah karena alasan kita pertama berada di kampus adalah awalnya ingin menuntut ilmu. Maka tetap kita bisa mengatur waktu. 

 5.Tuliskan cita-citamu 

 Kita hidup tentunya punya tujuan, apalagi kuliah pastinya punya banyak keinginan maupun tujuan yang ingin kita capai. Menurut para ahli bahwa jika kita ingin mencapai sebuah cita-cita atau tujuan dengan menuliskannya lalu kita membacanya kembali maka kita akan merasa lebih dekat serta akan lebih mudah dalam mencapai apa yang telah kita tuliskan tersebut. Nah jika teman-teman punya keinginan atau cita-cita yang ingin dicapai, silahkan teman-teman tulis apa saja yang teman-teman inginkan. Dan ini tentunya akan menambah semangat kita. 

 6. Refresing 

 Kawan-kawan bisa meluangkan waktu untuk mencoba pergi liburan ke tempat-tempat wisata walaupun itu dekat dengan tempat tinggal. Ajak teman-teman yang lain dan buat rencana untuk refresing pastinya akan lebih ramai dan juga lebih seru. Tapi tentunya teman-teman bisa menyesuaikan saat-saat yang tepat untuk liburan, dan jangan dekat-dekat dengan waktu ujian. 

7. Bangkitkan mood atau perasaan 

 Menonton film inspiratif juga bisa menambah dan membangkitkan semangat maupun perasaan kita dalam belajar. Terutama film-film biografi tokoh-tokoh Indonesia Habibie Ainun misalnya atau cerita persahabatan 5 cm juga bisa dicoba. baca juga artikel cara sederhana membangkitkan mood atau perasaan dan kembali bersemangat. Ok mungkin itu saja dulu kawan-kawan/teman-teman dari saya dan jika teman-teman ingin menambahkan juga silahkan tulis di komentar yang tersedia di bawah. Intinya kita kuliah itu dibawa enjoy saja tetapi tetap terencana dalam tujuan. Jika teman-teman punya masalah silahkan diskusikan dengan teman-teman anda yang lebih mengerti tentang diri kawan-kawan semua. Bisa juga dengan Pembimbing Akademik yang mungkin mereka juga bisa membantu untuk masalah akademik. Artinya kita juga mesti aktif bergerak mencapai tujuan itu. dan sebenarnya itu juga asik.. hehe. ok sampai jumpa.

0 Response to "Tips Bangkitkan semangat belajar"

Post a Comment

Contact Form